Polres Mimika Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi 

Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) untuk tahun 2023 /Humas Polda Papua
Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) untuk tahun 2023 /Humas Polda Papua

Kepolisian Resor Mimika, Provinsi Papua Tengah, mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) untuk tahun 2023 


Momentum itu ditandai penandatanganan piagam oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, depan Kantor Mapolres Mile 32, Jalan Agimuga No. 03, Timika,Selasa (10/10).

Kegiatan ini disaksikan perwakilan Pemerintah Daerah, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri Mimika, dan Dinas Pertanahan, serta para Pejabat Utama (PJU) Polres Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengatakan pencanangan pembangunan zona integritas adalah langkah awal dalam mencapai WBK dan WBBM dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, pelayanan prima.

Selanjutnya, bebas dari korupsi, sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 tentang strategi nasional pencegahan korupsi jangka panjang tahun 2012-2025.

"Keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu yang memiliki relevansi dengan organisasi,"katanya.

I Gede menjelaskan, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang berkomitmen untuk mencapai WBK dan WBBM dengan tujuan utama adalah pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas layanan publik.

"Reformasi birokrasi juga merupakan komitmen seluruh institusi dan aparatur pemerintah dalam memberikan layanan publik dengan tujuan dapat dinilai dan dirasakan perubahan mendasar yang dilakukan secara bertahap,"ujarnya.

Kapolres I Gede berharap melalui pembangunan zona integritas, integritas institusi, khususnya Polres Mimika, dan personelnya akan meningkat dengan akuntabilitas, profesionalitas, dan kualitas kinerja yang lebih baik. 

Hal ini, kata dia, juga diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam peningkatan kualitas layanan publik dan pencegahan korupsi.

"Pencanangan pembangunan zona integritas ini diharapkan akan memacu semangat seluruh personel untuk terus bersinergi dalam menjalankan tugas, dengan tujuan akhir mencapai predikat WBK dan WBBM di Polres Mimika,"tambah dia.